Memperingati Hari Jantung Sedunia

Tanggal 29 September 2017

KENALI SEJAK DINI GEJALA PENYAKIT JANTUNG

a

Mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kolesterol maupun lemak jenuh seperti kuning telur, gorengan maupun makanan manis merupakan awal resiko seseorang terserang penyakit jantung. Hal ini disebabkan  tingginya kadar kolesterol maupun lemak yang ada di dalam tubuh ketika tidak diikuti dengan aktivitas olah raga atau pembakaran yang baik, menyebabkan kolesterol LDL menjadi thrombus ataupun plak penyumbatan. Oleh karena itu, keseimbangan pola hidup serta mengenali gejala penyakit jantung sejak dini merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan, agar dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Seperti penyakit lainnya, sakit jantung juga memiliki gejala serta tanda awal. Namun, terkadang beberapa orang menganggap bahwa gejala atau tanda yang terlihat seperti tanda penyakit biasa, sehingga cenderung meremehkan dan menganggapnya sepele. Mengingat bahaya penyakit jantung yang merupakan pemicu utama kematian di Indonesia maupun di dunia, sudah selayaknya masyarakat berusaha mengubah pola hidup ataupun kebiasaan buruk dalam kehidupan mereka. Kesadaran untuk mengenal lebih jauh tentang gejala penyakit jantung juga perlu ditingkatkan dengan harapan bisa mengantisipasi terjadinya hal yang lebih parah di masa yang akan datang.

Gejala Awal Penyakit Jantung :

1. Sakit Pada Bagian Kepala

Gejala penyakit jantung yang pertama adalah sakit kepala yang dialami oleh seseorang ketika tubuh terkena paparan sinar matahari. Dalam hal ini, frekuensi detak jantung akan berubah menjadi lemah atau cepat yang kemudian berlanjut menjadi sakit kepala migrain. Menurut American Academy of Neurology, sakit kepala yang terjadi pada penderita jantung disebabkan oleh penyimpangan sirkulasi darah. Gejala ini paling sering dirasakan dan muncul pada orang yang dicurigai memiliki penyakit jantung. Umumnya, napas menjadi tidak stabil dan bisa sampai sesak napas. Apabila mengalami gejala ini, segeralah berkonsultasi ke dokter. Jika beresiko terkena sakit jantung, maka dalam organ paru-paru terkadang ada cairan yang masuk sehingga memungkinkan mengalami sesak napas.

2. Nyeri Pada Bagian Dada Sampai Tulang Punggung

Rasa nyeri di dada sampai ke tulang punggung juga dapat diindikasikan sebagai gejala penyakit jantung, meskipun hal ini juga bisa menjadi pertanda penyakit lain. Pada penderita penyakit jantung koroner, nyeri di dada dikarenakan adanya penyumbatan di arteri yang pada jangka lama akan menyebabkan penderita menjadi lemah ataupun mati rasa. Nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit jantung tidak hanya terasa pada dada sebelah kiri. Ketika bagian jantung yang mengalami kerusakan ada pada bagian kanan, maka nyeri yang dirasakan adalah sisi dada kanan, sedangkan apabila kerusakan terdapat pada jaringan jantung sebelah belakang, maka nyeri yang dirasakan terletak pada punggung penderita jantung. Demikian juga ketika kerusakan jantung terdapat pada bagian bawah jantung, maka nyeri yang dirasakan ada pada bagian ulu hati layaknya orang terserang penyakit maag (asam lambung). Sensasi nyeri pada dada yang merupakan ciri-ciri penyakit jantung pada dasarnya bersifat tumpul layaknya sensasi nyeri dada karena tertindih benda berat ataupun sesak berat. Bila nyeri tidak dapat ditunjukkan lokasinya dengan jari, menjalar ke leher dan lengan kiri, sangat mungkin penyebabnya adalah nyeri akibat sumbatan koroner.

3. Denyut Jantung Tidak Teratur

Denyut jantung yang tidak teratur dapat dikatakan sebagai gejala penyakit jantung yang kronis. Hal ini disebabkan karena penebalan otot pada katup jantung, sehingga katup jantung tidak dapat menjaga aliran darah tetap stabil dan mencegah aliran balik darah antar ruang jantung. Penebalan ini juga bisa mengakibatkan penyempitan pada katup jantung yang selanjutnya dapat mengakibatkan terjadinya kebocoran. Dengan kata lain, gejala seperti ini dapat dikatakan sebagai awal terjadinya penyakit jantung koroner.

4. Mudah Merasa Lelah Ketika Beraktifitas

Hal ini dikarenakan pasokan darah ke dalam tubuh tidak berjalan dengan normal yang akan berujung pada gangguan kinerja jantung. Ketika seseorang mendapati dirinya pada kondisi seperti ini, alangkah baiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk diketahui penyebabnya.  Namun, gejala ini dapat diantisipasi dengan melakukan beberapa olahraga ringan, menghentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol serta sebisa mungkin menghindari stress.

5. Sesak Nafas

Sesak nafas ini terjadi karena adanya penebalan pada pembuluh darah yang mendistribusikan darah keseluruh tubuh yang berakibat ketidakteraturan detak jantung, penebalan pada otot jantung serta kelainan pada katup jantung. Sesak nafas pada penderita penyakit jantung terjadi seperti perasaan tercekik yang berlangsung kurang lebih selama 20 menit yang disertai dengan munculnya keringat dingin, jantung berdebar-debar bahkan terkadang penderita juga mengalami pingsan. Tahap awal rasa sesak hanya timbul bila melakukan aktifitas berat, namun kemudian dapat timbul kapanpun bahkan saat beristirahat.

6. Sering Merasa Mual

Mual dapat diindikasikan sebagai gejala awal penyakit jantung. Posisi jantung tepat di atas lambung hanya berbatas otot diafragma, sehingga rasa tidak nyaman akibat gangguan aliran darah jantung dapat menimbulkan gejala yang menyerupai sakit lambung di antaranya mual.

7. Rasa Cemas Disertai Debar Jantung Berlebihan

Pada dasarnya, seseorang yang terserang penyakit jantung akan mengalami kecemasan yang disebabkan karena gangguan mental ataupun psikis terhadap kematian yang mengintainya. Ketika jantung mengalami masalah, maka kecemasan dapat terjadi pada diri seseorang dan terkadang perasaan cemas yang berlebihan inilah yang memicu seseorang terkena serangan jantung. Rasa cemas yang berlebihan ini disebabkan karena kelebihan hormon cortisol yang diproduksi oleh tubuh sehingga pembuluh darah menjadi kaku.

8. Pembengkakan Pada Jantung

Pembengkakan merupakan ciri-ciri penyakit jantung pada stadium berikutnya yang mana pembengkakan ini merupakan pertanda kelainan pada katup jantung yang disebabkan karena penumpukan cairan di dalam tubuh. Bagian tubuh yang juga mengalami pembengkakan (edema) adalah pergelangan kaki dan perut. Kelainan ini terjadi karena pompa jantung tidak mampu mensirkulasikan darah dari dan ke seluruh tubuh sehingga kelebihan beban cairan tersebut (volume overload) membuat cairan masuk ke jaringan interstisial. Dengan adanya pembengkakan ini, maka berat badan seorang penderita penyakit jantung itu akan meningkat yang disertai dengan pengurangan nafsu makan.

9. Keluar Keringat Dingin

Sebagian besar orang mungkin kurang menyadari dengan munculnya keringat tanpa melakukan suatu pekerjaan. Seringkali seseorang yang mengalami penyakit jantung akan mengeluarkan keringat dingin pada anggota tubuh tertentu seperti pada telapak tangan maupun telapak kaki. Pertanda seperti ini perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri penyakit jantung yang mengarah pada gagal jantung dan alangkah baiknya, segera bawa penderita ke dokter untuk mengetahui penyebab munculnya keringat dingin.

10. Pusing Hingga Pingsan

Pusing dan pingsan merupakan suatu hal yang wajar terjadi, tetapi apabila intensitas kejadiannya terlalu sering maka harus dianggap tidak wajar. Umumnya pusing dan pingsan yang di alami penderita jantung terjadi karena otot jantung tidak bekerja secara maksimal, sehingga darah yang dipompa tidak mengalir secara teratur dan optimal untuk sampai ke otak.

11. Sering Mengalami Nyeri

Jika sering merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu, maka segera periksakanlah kesehatan jantung anda. Nyeri pada penderita sakit jantung terjadi karena adanya gangguan supply darah yang akan di alirkan ke beberapa titik bagian tubuh yang terasa nyeri tersebut.

12. Palpitasi/Jantung Berdebar Tidak Terkendali

Gejala penyakit jantung berupa palpitasi adalah dimana jantung sering berdebar-debar tidak terkendali. Wajarnya palpitasi ini terjadi saat anda sedang melakukan aktivitas olahraga atau saat merasa kelelahan. Tetapi jika anda merasakan gejala ini tanpa ada sebabnya dan dengan frekuensi yang cukup sering, bisa jadi hal tersebut adalah gejala penyakit jantung dan harus segera ditangani.
Ketika seseorang mendapati dirinya berada pada garis keturunan keluarga yang memiliki tanda-tanda penyakit jantung maupun telah mengidap penyakit jantung, maka meminimalisir gejala penyakit jantung sangat penting dengan mengetahui sejak dini serta cara penanganannya.

 

“UNTUK KONSULTASI SEPUTAR PENYAKIT JANTUNG BISA DILAKUKAN DI RUMAH SAKIT CITRA MEDIKA SIDOARJO OLEHdr. MOH. ZAKKY KURNIAWAN , Sp,JP DENGAN JADWAL PRAKTEK HARI SELASA DAN JUMAT PADA PUKUL 17.00 WIB-SELESAI“

Sumber :
http://www.jantungstroke.com/ciri-ciri-penyakit-jantung/
https://mulaisehat.com/wp-content/uploads/2014/10/penyakit-jantung-koroner-bengkak-lemah.jpg