Penyebab dan Cara Mencegah Osteoporosis Pada Usia Muda

a

Osteoporosis atau pengeroposan tulang dikenal sebagai penyakit yang banyak menyerang lansia, terutama wanita. Hal ini karena penuaan menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan osteoporosis. Namun, ternyata osteoporosis juga bisa terjadi pada usia muda. Beberapa orang yang masih berusia muda mungkin sudah mengalami osteoporosis. Apa yang menyebabkan osteoporosis pada usia muda?

Osteoporosis terjadi saat tulang kehilangan kepadatannya sehingga tulang mudah keropos dan rapuh. Masalah ini tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terlebih jika Anda masih muda yang merupakan usia produktif untuk bekerja.

 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami osteoporosis di usia muda, yaitu:

1. Amenorea

Kondisi ini terjadi pada wanita, di mana wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama. Amenorea menyebabkan kadar hormon estrogen wanita menurun sehingga menyebabkan osteoporosis. Biasanya wanita yang mengalami amenorea adalah yang mempunyai tubuh kurus dan melakukan olahraga berlebihan, seperti atlet wanita pada cabang olahraga senam dan balet. Selain itu, wanita yang sangat membatasi asupan makannya juga berisiko mengalami amenorea.

 

2. Asupan kalsium rendah

Seperti yang telah diketahui, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Mineral ini menyusun dan memperkuat tulang. Sehingga, asupan kalsium yang rendah dapat membuat tulang mudah keropos dan rapuh.

Sayangnya, masih banyak orang yang kekurangan asupan kalsium karena pola makan yang buruk. Tidak suka konsumsi sayur dan ikan, serta tidak suka minum susu. Padahal, sayuran tertentu dan beberapa ikan juga merupakan sumber kalsium yang baik selain susu.

 

3. Penyakit yang berhubungan dengan hormon

Banyak hormon dalam tubuh ternyata berpengaruh pada proses pembentukan dan penghancuran tulang. Sehingga, adanya gangguan pada hormon tertentu dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Beberapa kondisi berhubungan dengan hormon yang dapat memicu terjadinya osteoporosis adalah:

  • Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif)
  • Hiperparatiroidisme (kelenjar paratiroid terlalu aktif)
  • Gangguan pada kelenjar adrenal, seperti Cushing’s syndrome
  • Menurunnya jumlah hormon seks (estrogen dan testosteron)
  • Gangguan pada kelenjar hipofisis (pituitari)

 

4. Penggunaan obat tertentu

Obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis di usia muda. Seperti penggunaan obat kortikosteroid dosis tinggi dalam waktu lama, yang dapat berpengaruh pada kekuatan tulang. Obat kortikosteroid ini biasanya digunakan untuk mengobati asma dan artritis (radang sendi).

 

5. Penyebab lain

Beberapa penyebab lain yang dapat meningkatkan risiko Anda mengalami osteoporosis adalah:

  • Riwayat keluarga osteoporosis
  • Suka merokok dan minum minuman beralkohol
  • Masalah malabsorpsi nutrisi, seperti penyakit celiac dan penyakit Crohn
  • Tubuh tidak aktif dalam waktu lama, misalnya bed-rest (istirahat) dalam waktu lama

 

Cara untuk mencegah osteoporosis pada usia muda

Perubahan gaya hidup dapat mencegah anda dari osteoporosis di usia muda. Beberapa perubahan yang bisa anda lakukan untuk mencegah osteoporosis adalah:

  • Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Ini merupakan dua unsur penting yang dibutuhkan tulang. Anda bisa mencukupi kebutuhan kalsium dari susu dan produk susu, sayuran hijau, dan ikan bertulang (seperti ikan teri). Sedangkan, vitamin D bisa Anda dapatkan dari paparan sinar matahari.
  • Lakukan olahraga teratur, terutama yang memberi beban pada tulang. Olahraga yang memberi beban ke tulang (seperti angkat beban, lari, basket, sepak bola, dan lainnya) dapat membantu menguatkan tulang sehingga tulang tidak mudah keropos.
  • Hindari merokok. Nikotin dalam asap rokok dapat mengurangi aliran darah ke tulang, menghambat produksi sel pembentuk tulang, dan menghambat penyerapan kalsium. Sehingga, merokok dapat membuat tulang menjadi lemah
  • Batasi konsumsi alkohol. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan, termasuk kesehatan tulang.

 

Konsultasi Seputar kesehatan tulang dapat dilakukan di Klinik Spesialis Ortopedi

Arif Prakoso, Sp.OT Senin, Selasa dan Kamis 16.00 – Selesai