Memperingati Hari Malaria Sedunia 25 April 2018

KENALI PENYEBAB DAN PENCEGAHAN MALARIA

a

Malaria adalah penyakit yang menyebar melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Infeksi malaria bisa terjadi hanya dengan satu gigitan nyamuk. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit ini bisa mengakibatkan kematian. Malaria jarang sekali menular secara langsung dari satu orang ke orang lainnya. Penyakit ini bisa menular jika terjadi kontak langsung dengan darah penderita. Janin dalam kandungan juga bisa terinfeksi malaria karena tertular dari darah sang ibu.

Gejala Malaria:

Gejala malaria biasanya akan muncul antara satu sampai dua minggu setelah tubuh terinfeksi. Gejala juga bisa muncul setahun setelah gigitan nyamuk, namun kasus ini jarang terjadi. Gejala-gejala malaria umumnya terdiri dari demam, berkeringat, menggigil atau kedinginan, muntah-muntah, sakit kepala, diare, dan nyeri otot. Jika anda sudah terlanjur mengalami gejala-gejala malaria, segera temui dokter agar bisa dilakukan diagnosis dan penanganan secepatnya. Malaria dapat didiagnosis dengan mudah melalui tes darah yang sederhana.

Parasit penyakit Malaria

Malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium. Sebetulnya ada banyak jenis parasit Plasmodium, tapi hanya lima jenis yang menyebabkan malaria pada manusia. Parasit Plasmodium hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Dua jenis parasit yang umum di Indonesia adalah Plasmodium falciparum dan Plasmodium vivax.

Gigitan nyamuk malaria lebih sering terjadi pada malam hari. Setelah terjadi gigitan, parasit akan masuk ke dalam aliran darah. Penyebaran penyakit malaria juga bisa terjadi melalui tranfusi darah atau melalui pemakaian jarum suntik secara bergantian. Meski kasus ini jarang sekali terjadi, anda harus tetap berhati-hati.

Pencegahan Malaria

Pada dasarnya, malaria bisa dihindari. Untuk mencegah penularan malaria, pemerintah Indonesia telah menjalankan berbagai program, misalnya tes darah masal dan memberikan obat anti malaria secara gratis di daerah endemik malaria seperti di wilayah pedesaan Papua dan Nusa Tenggara. Menghindari diri dari gigitan nyamuk adalah cara yang paling penting untuk mencegah penularan malaria. Memakai lotion anti nyamuk saat tidur, menyingkirkan genangan air di sekitar rumah dan menggunakan pakaian atau selimut yang menutupi kulit tubuh.

www.alodokter.com/malaria

Klinik Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Citra Medika

dr. Thiwut Budianto, SpPD Selasa, Jumat. Jam 16.00 - Selesai
Sabtu. Jam 11.00 - Selesai
dr. Ihwan Arifiyanto, SpPD Senin, Selasa, Kamis, Jumat. Jam 07.30 – Selesai
Rabu. Jam 12.00 – 16.00