KAWAT GIGI

a

Kawat gigi atau biasa disebut sebagai behel adalah alat berbasis kawat yang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rata dan gigi yang bertumpuk. Banyak orang yang memakai kawat gigi di usia remaja untuk memperbaiki gigi mereka. Bahkan orang dewasa pun bisa mendapatkan keuntungan dari kawat gigi. Tujuan utama dari behel ini adalah untuk menyelaraskan gigi dan rahang agar dapat menggigit makanan dengan baik dan menghasilkan senyum yang indah.

Jenis Kawat Gigi Sesuai Kebutuhan

Pemasangan kawat gigi umumnya dilakukan oleh Ortodontis, yaitu dokter gigi yang telah menjalani pelatihan khusus dalam melakukan pengencangan dan perataan deretan gigi. Dokter akan menentukan jenis kawat gigi yang tepat sesuai kondisi masing-masing pasien. Berikut ini adalah jenis kawat gigi yang paling umum digunakan:

  • Kawat gigi permanen. Kawat gigi permanen terdiri dari kotak-kotak yang dilekatkan pada setiap gigi dan terhubung satu sama lain oleh kawat. Kawat ini digunakan untuk mengoreksi letak beberapa gigi sekaligus atau untuk mencegah masalah di kemudian hari. Kawat gigi permanen umumnya mudah terlihat karena terbuat dari logam.
  • Kawat gigi lepas-pasang. Kawat jenis ini berupa penampang plastik yang dipautkan pada beberapa gigi dan menutup langit-langit mulut. Jenis kawat ini biasanya digunakan untuk mengoreksi masalah minor, misalnya gigi yang bengkok.
  • Kawat gigi fungsional. Jenis ini berupa sepasang kawat plastik lepas-pasang yang dipadukan dan ditempatkan pada gigi bagian atas dan bawah. Jenis ini dapat digunakan untuk menangani masalah posisi rahang atas atau rahang bawah yang tidak sejajar dengan gigi atas atau bawah.
  • Headgear adalah pengait yang tersambung dari kawat gigi ditempatkan pada kepala untuk menarik posisi gigi depan.
  • Retainer, biasanya jenis ini digunakan menjelang akhir masa perawatan Ortodontis. Retainer berfungsi menstabilkan posisi baru pada gigi, gusi, dan tulang, termasuk mencegah posisinya kembali seperti semula. Alat ini dapat bersifat permanen atau lepas-pasang.
  • Kawat tidak tampak adalah kawat lingual yang tidak tampak dari luar dan ditempatkan pada bagian belakang gigi.

Selain pilihan di atas, terdapat pilihan lain yang sekarang banyak digunakan oleh orang dewasa sebagai pengganti kawat gigi. Produk ini biasa disebut sebagai kawat gigi tembus pandang (Clear Aligner) ini memang dikhususkan pada pasien dengan pertumbuhan gigi dan gusi yang telah berhenti. Clear Aligners berbentuk seperti cetakan permukaan gigi transparan dan digunakan seperti pelindung gigi yang dapat dicopot saat anda makan atau membersihkan gigi.

Manfaat Memakai Kawat Gigi

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi
  2. Masalah ortodontik seperti gigi tidak rata, plak, gigi tidak beraturan, pola gigitan yang tidak benar, bakteri, penyakit gusi, dan lain-lain dapat diatasi dengan penggunaan kawat gigi. Behel akan menyelaraskan struktur gigi anda dengan cara yang paling tepat dan hal ini dapat meningkatkan kebersihan gigi anda.

  3. Melindungi Gigi
  4. Orang yang memiliki pola gigitan yang tidak rata atau masalah ortodontik lainnya memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki dampak berbahaya pada gigi, seperti gigi depan menonjol, dan kerusakan atau masalah gigi dini. Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami hal tersebut membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi. Behel bertindak sebagai pelindung terhadap dampak buruk tersebut, dan sekaligus menjaga kesehatan gigi.

  5. Menyelesaikan Masalah Makan
  6. Banyak orang yang menghadapi kesulitan dalam mengunyah atau menggigit makanan mereka. Hal itu disebabkan oleh gigi yang tidak rata. Jika hal tersebut tidak diperbaiki, maka akan menyebabkan masalah gizi dan pencernaan. Oleh karena itu, Anda dapat memakai behel untuk menyelesaikan masalah makan Anda.

  7. Memiliki Senyum Yang Indah dan Gigi Yang Lurus
  8. Ini adalah pengetahuan yang umum bahwa kawat gigi dapat meningkatkan penampilan keseluruhan gigi Anda. Setelah gigi yang tidak rata ataupun tidak beraturan diperbaiki, hasilnya adalah senyum yang indah. Efek keseluruhan dari perubahan ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda, sehingga Anda akan dengan bebas mengekspresikan diri secara terbuka tanpa ragu atau malu.

  9. Behel membantu diet
  10. Bagi Anda yang ingin diet juga bisa memilih cara memakai  kawat gigi permanen ini. Ya karena orang yang memakai kawat gigi permanen cenderung akan lebih sulit menikmati makanan dibanding mereka yang tak memakai. Oleh karena itu bracket gigi juga bisa digunakan untuk menghambat kebiasaan makan dalam jumlah yang banyak. Ini juga salah satu hal yang menarik dari alasan orang memakai kawat gigi

Untuk pemasangan behel atau konsultasi seputar kesehatan gigi dapat dilakukan di Rumah Sakit Citra Medika oleh Dokter:

drg.Yossy Christianto Hari Senin – Sabtu
Pukul 07.00 -14.00 WIB

Sumber :