POLA HIDUP SEHAT MENCEGAH DIABETES

a

Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang mematikan.  Pada tahun 2015, 1 dari 11 orang dewasa terkena Diabetes dan dapat diperkirakan pada tahun 2040, 1 dari 10 orang dewasa yang terkena Diabetes. Diabetes meningkatkan risiko penderitanya untuk memiliki berbagai penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah jantung dan stroke, serta komplikasi lainnya. Namun komplikasi Diabetes tersebut dapat dicegah dengan perhatian yang lebih serius terhadap beberapa aspek kehidupan Anda.
Apa itu Diabetes?
Pertama, untuk memulai hidup sehat, anda harus memahami pengertian dari Diabetes.  Salah satu mekanisme terjadinya penyakit Diabetes adalah kerusakan fungsi sel pankreas dalam menghasilkan insulin. Insulin merupakan enzim yang dibutuhkan sel tubuh untuk mengambil glukosa yang merupakan sumber energi utama tubuh. Untuk memudahkan memahami penyakit ini, mari simak perumpamaan ini. Analogi yang mudah dipahami adalah insulin seperti pom bensin yang berfungsi memasukkan bensin berupa glukosa ke dalam mesin tubuh kita. Tentu tanpa insulin, sel tubuh akan kekurangan sumber energi yaitu glukosa. Glukosa yang tidak dapat masuk ke sel tubuh akan menumpuk dalam darah sehingga menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.


Risiko kesehatan Diabetes
Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit di masa depan. Salah satu mekanisme terjadinya komplikasi pada pasien Diabetes adalah keadaan gula darah berlebihan yang dapat merusak dinding pembuluh darah. Apabila penyakit ini tidak terkontrol maka dapat timbul beberapa penyakit seperti :

    • Penyakit jantung
    • Stroke
    • Kerusakan saraf
    • Luka yang sulit sembuh
    • Kebutaan karena kerusakan retina mata

    a

    Bagaimana hidup sehat untuk penderita Diabetes ?
    Walaupun Diabetes dapat meningkatkan risiko menderita berbagai penyakit seperti yang dipaparkan diatas, anda tidak perlu takut karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko tersebut. Selain pengobatan dan kontrol rutin ke dokter, beberapa langkah untuk mencegah komplikasi Diabetes, yaitu :

    • Menjaga berat badan

    Berat badan yang ideal akan membantu Anda menjaga kestabilan gula darah, tekanan darah dan kolesterol.

    • Makanan sehat

    Pola makan yang disarankan adalah pola diet rendah lemak, garam dan gula. Namun bukan berarti Anda tidak boleh makan gula sama sekali, makanlah dalam porsi sedang.

    • Jangan merokok

    Diabetes tipe II memiliki daftar panjang berkaitan dengan rokok. Perokok memiliki 50 persen lebih tinggi potensi diabetes daripada mereka yang tidak merokok.

    • Olahraga

    Olahraga teratur dengan durasi minimal 30 menit setiap hari, lima kali seminggu. Olahraga rutin membantu anda untuk tetap sehat dan menjaga berat badan tetap ideal. Olahraga bukan berarti anda harus tergabung dalam gym atau tempat fitness yang mahal, karena terdapat berbagai cara lain untuk berolahraga. Olahraga sederhana dapat berupa berlari, bermain bersama anak anda atau aktivitas lain yang meningkatkan denyut jantung anda.

    • Rutin cek kadar gula darah

    Rajin memeriksa kadar gula darah menjadi salah satu faktor yang mampu mencegah Diabetes, karena nantinya berujung pada diagnosa untuk mengupayakan pencegahan. Segera hubungi klinik Diabetes anda untuk rutin cek kadar gula.

     

    TELAH DIBUKA LAYANAN KLINIK DIABETES SETIAP HARI SELASA, RABU & JUMAT PADA PUKUL 08.00 – 11.00 WIB OLEH dr. IHWAN ARIFIYANTO. Sp.PD

    Sumber :
    http://www.klikdokter.com/rubrik/read/2698884/hidup-sehat-dengan-diabetes http://www.klikdokter.com/rubrik/read/2698884/hidup-sehat-dengan-diabetes
    https://mariana.my.id/kesehatan/hidup-sehat-dengan-diabetes