FLEK PADA KULIT Dan PLATELET RICH PLASMA

 

a

Pengertian Flek pada Kulit

Pengertian flek yang ada pada kulit terjadi akibat adanya produksi melanin yang berlebihan serta tidak merata pada daerah wajah yang mudah terbakar sinar matahari seperti daerah pipi bagian atas dan tangan. Melanin sendiri merupakan pigmen yang diproduksi oleh sel melanosit yaitu zat protein yang berperan untuk menentukan warna kulit seseorang.

Penyebab Flek pada Kulit

Flek muncul karena meningkatnya produksi melanosome dalam melanin, terutama setelah kulit terpapar oleh sinar matahari, melanin sendiri merupakan pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, rambut dll. Bagian kulit yang memiliki banyak melanosome akan berwarna lebih gelap, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Faktor-faktor yang menyebabkan flek antara lain :

1. Sinar Ultraviolet (UV) dari matahari

2. Hormon

3. Kerusakan Hati

4. Obat-Obatan

5. Jerawat

6. Kosmetik

7. Faktor Geografis

8. Faktor Genetik

Gejala Flek pada Kulit

Flek pada kulit akan terlihat seperti bercak atau titik noda berwarna cokelat terang yang merata, Flek hitam tersebut dapat juga muncul pada bagian tubuh lainnya misalnya lengan atau bahu. Kondisi ini merupakan hal yang umum terjadi dan tidak membahayakan penderitanya. Flek hitam akan memudar seiring berkurangnya intensitas paparan sinar matahari pada kulit.

Pencegahan Flek pada Kulit

Meskipun salah satu faktor flek yang terjadi pada kulit adalah faktor genetik, namun ada beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan flek pada wajah yaitu dengan cara mengurangi terpapar sinar matahari, menggunakan tabir surya dan  mengaplikasikan PRP (Platelet Rich Plasma) pada area flek. PRP merupakan plasma darah yang kaya akan platelet (trombosit) yang berasal dari darah pasien itu sendiri yang berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti flek pada kulit wajah dan sekaligus untuk peremajaan kulit.

 

“APLIKASI PRP UNTUK MENGHILANGKAN FLEK PADA WAJAH DAPAT DILAKUKAN DI RS. CITRA MEDIKA SIDOARJO OLEH DR. AGUS SANTOSO BUDI, Sp.BP, DENGAN JADWAL PRAKTEK SETIAP HARI SABTU PUKUL 10.00 WIB’’.

Sumber:
http://www.alodokter.com
http://seratbambuflier.blogspot.co.id