R H I N O P L A S T Y

 

a

Rhinoplasty merupakan salah satu jenis tindakan operasi yang bertujuan untuk memperbaiki bentuk hidung. Manfaat Rhinoplasty, antara lain :

    • Dapat mengubah ukuran hidung menjadi lebih kecil atau besar,

    • Memperbaiki posisi dan ukuran cuping atau lubang hidung,

    • Membuat hidung lebih mancung,

    • Memperbaiki bentuk hidung agar terlihat lebih sempurna dan lebih proporsional,

    • Rhinoplasty juga bermanfaat untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan struktur hidung yang menyebabkan kesulitan bernafas.

    Dalam ilmu bedah, Rhinoplasty dibedakan menjadi dua yaitu :

    1. Open Rhinoplasty

    Pada operasi ini terdapat sayatan kecil sepanjang dasar hidung. Sayatan dilakukan di dalam cuping pada perbatasan mukosa dan kulit luar menyambung antara cuping kiri dan cuping kanan sehingga lapisan dalam tulang hidung mudah terlihat sayatan ini digunakan untuk memasukkan tulang rawan.

    2. Closed Rhinoplasty

    Pada operasi ini sayatan dapat disembunyikan sehingga tidak terlihat dari luar. Sayatan dilakukan di dalam cuping perbatasan mukosa dan kulit luar  di satu cuping atau dua cuping digunakan untuk memasukkan implant silicon.

     

    Dalam proses operasi Rhinoplasty dilakukan tindakan memisahkan kulit hidung dan jaringan lunak dari tulang rawan hidung. Lalu memperbaiki bentuk hidung, menjahit bekas sayatan dan memasang kembali bagian-bagian hidung yang diambil dan dipotong. Operasi ini dilakukan di bawah pengaruh bius lokal atau total.

    Dokter-Dokter yang bertugas menangani Rhinoplasty adalah para ahli yang telah mendapatkan training dibidang bedah plastik dan otolaryngology (spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan).

    Setelah operasi Rhinoplasty berhasil, perban di sekitar hidung dapat dilepas seminggu setelah operasi. Adapun efek setelah dilakukan operasi hidung akan mendapati wajah, mata, dan hidung membengkak serta terlihat memar. Hal ini merupakan efek samping dari Rhinoplasty yang hilang dalam waktu sekitar 10 hingga 14 hari.

    Untuk mengatasi memar dan bengkak tersebut, Anda dapat mengompresnya dengan air hangat dan minum obat penghilang rasa sakit.

    ‘’LAYANAN RHINOPLASTY BISA DILAKUKAN DI RUMAH SAKIT CITRA MEDIKA SIDOARJO OLEH dr. AGUS SANTOSO BUDI, SpBP, DENGAN JADWAL PRAKTEK HARI SABTU PUKUL 10.00 WIB’’.

    Sumber:
    http://www.rubrikita.com
    http://nibelth.com/rhinoplasty/