Apa itu Mastopexy ?

a

Definisi
Mastopexy, lebih dikenal dengan sebutan operasi pengencangan payudara, adalah prosedur bedah kosmetik untuk memperindah tampilan payudara. Mastopexy dapat digunakan untuk memperbesar ukuran dan meningkatkan kepadatan payudara, membentuk kontur, menaikkan posisi puting dan payudara itu sendiri. Di masa lalu, perbaikan estetik di bagian tubuh, selalu meninggalkan bekas luka. Namun saat ini, teknik bedah modern semakin berkembang sehingga hanya menyisakan sedikit atau bahkan tanpa bekas luka.

Indikasi
Wanita yang sangat disarankan untuk mengikuti prosedur mastopexy adalah yang memiliki payudara kendur atau turun. Prosedur ini tidak terpaku pada usia, siapapun dapat menjalani mastopexy selama payudara telah terbentuk sempurna. Mastopexy tidak akan mempengaruhi fungsi payudara, oleh karena itu, wanita menyusui yang ingin mengencangkan payudara, tetap dapat memberi nutrisi pada anak mereka.

Faktor-faktor yang melatar belakangi mastopexy adalah:

  • Usia lanjut

Elastisitas kulit akan berkurang seiring dengan penuaan. Kulit tidak mampu menahan payudara layaknya kondisi semula.

  • Masa nifas atau melahirkan

Payudara wanita yang baru saja melahirkan biasanya akan turun atau kendur karena meregang saat membengkak secara otomatis dan sedang menyusui.

  • Kenaikan berat badan

Pertambahan berat badan yang besar membuat kulit tidak terbiasa dengan berat payudara yang ikut bertambah, sehingga menjadi kendur.

  • Penurunan berat badan secara drastis.

Apabila seorang wanita mengalami penurunan berat badan secara mendadak, ia akan tampak memiliki kulit berlebih sehingga payudara menjadi kendur.

  • Penyusutan kelenjar payudara

Kondisi ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, namun umumnya terjadi pada wanita yang memasuki masa menopause.

  • Pengangkatan implant

Wanita yang memiliki implan payudara kemudian mengangkatnya, memiliki risiko lebih tinggi terhadap penurunan payudara, karena ukuran dan berat payudara berkurang, sehingga kulit menjadi kendur.

Prosedur

Mastopexy membutuhkan waktu yang lama apabila diikuti dengan pemasangan implan payudara. Sebelum prosedur dimulai, Dokter akan membuat pola pada payudara sesuai dengan hasil yang diinginkan pasien. Karena penyebab payudara kendur adalah adanya kelebihan kulit akibat hilangnya kelenturan, maka mastopexy akan berakhir setelah Dokter Bedah memotong kelebihan kulit tersebut dan menjahitnya. Namun, pada wanita yang menginginkan pemasangan implant (pada prosedur Mamma-augmentation-plasty), maka prosedur dilanjutkan dengan memasukkan implan sebelum Dokter menjahit sayatan bedah.

Komplikasi

Mastopexy termasuk jenis operasi yang cukup aman dan memiliki risiko komplikasi yang relative kecil, seperti perdarahan, infeksi, dan bekas luka. Pasien pasca operasi mastopexy akan diberikan informasi mengenai perawatan di rumah, untuk membantu mengurangi komplikasi tersebut. Dokter juga memberikan antibiotik dan obat pereda nyeri, untuk mengurangi resiko infeksi dan rasa nyeri selama pemulihan.

Hasil

Hasil dari operasi mastopexy akan terlihat setelah sekitar 12 minggu. Untuk proses penyembuhan secara keseluruhan berlangsung selama kurang lebih 6-9 bulan. Terdapat kemungkinan payudara akan turun kembali, tetapi turunnya tidak akan terlalu jauh seperti semula, karena sudah banyak jaringan kendur yang terbuang ketika operasi. Secara bertahap payudara akan berubah menjadi lebih kenyal serta alami.

 

 “LAYANAN MASTOPEXY DAPAT DILAKUKAN DI RUMAH SAKIT CITRA MEDIKA SIDOARJO OLEH dr. AGUS SANTOSO BUDI, Sp.BP, DENGAN JADWAL PRAKTEK HARI SABTU PUKUL 10.00 WIB’’

 

Sumber :

https://www.docdoc.com/id/info/procedure/mastopexy

https://hellosehat.com/mastopexy/