Waspadai Penyakit Pasca Lebaran

a

Hari Lebaran tentu menjadi momen berharga setelah sebulan penuh berpuasa. Banyaknya makanan dan kegiatan yang sudah menjadi tradisi di hari tersebut merupakan sesuatu yang ditunggu. Namun hati-hati, jika tak dijaga dengan baik, momen hari itu justru bisa timbulkan penyakit di keesokan harinya.
Berikut beberapa penyakit yang ditimbulkan setelah lebaran :

1. Diare

Lebaran bukan berarti kondisi lingkungan akan 100 % bersih dan bebas lalat. Jika kondisi ini tidak dapat diatasi dengan benar maka akan mempengaruhi kesehatan, terutama berkaitan dengan sistem pencernaan. Salah satu efek yang dialami akibat permasalahan tersebut adalah munculnya penyakit diare.

2. Maag (Gastritis)

Kondisi ini biasanya kambuh pasca Lebaran, dikarenakan keinginan untuk makan dengan jumlah yang berlimpah. Selain itu, banyak mengkonsumsi makanan pedas juga memicu kambuhnya gastritis.

3. Peningkatan kadar gula darah dan kolesterol

Kondisi ini muncul karena banyak mengkonsumsi makanan yang manis. Tidak terkontrolnya asupan makanan manis selama hari lebaran menaikkan kadar gula darah bahkan sampai hiperglikemia. Meningkatnya kolesterol timbul sebagai akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak seperti opor ayam, sambal goreng hati, sayur labu, ayam goreng, dst.

4. Pilek, batuk dan radang tenggorokan

Ketika berkunjung dari rumah ke rumah pasti akan dihidangkan minuman, baik itu minuman hangat maupun dingin. Minuman yang mengandung bahan pemanis buatan atau memiliki kadar gula tinggi dapat menyebabkan batuk, radang tenggorokan bahkan pilek jika disajikan dingin.

5. Hipertensi

Makanan yang mengandung kolesterol, dan beraneka rasa seperti gurih, pedas, asam & manis, dapat menyebabkan kambuhnya penyakit kronis seperti hipertensi.

6. Kondisi kesehatan tubuh menurun

Kegiatan berkunjung dari rumah ke rumah menguras banyak tenaga, apabila tidak memperhatikan kesehatan tubuh dan kurang istirahat, akan mudah terserang penyakit karena imunitas tubuh yang menurun.

Dengan mengetahui beberapa penyakit diatas, diharapkan masyarakat dapat melakukan pengendalian diri terhadap makanan dan kegiatan yang dilakukan setelah lebaran, agar resiko penyakit bisa diminimalkan dan diatasi.

“Segenap Jajaran Manajemen dan Karyawan Rumah Sakit Citra Medika Sidoarjo Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437H, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.“

Sumber :
http://nurudinsya.blogspot.com/2015/07/4-penyakit-yang-timbul-setelah-lebaran.html
http://health.detik.com/read/2010/09/11/130018/1439128/766/waspada-penyakit-pasca-lebaran