RUMAH SAKIT CITRA MEDIKA MENERIMA PENGHARGAAN “TRAUMA CENTER AWARD”

 

SRumah Sakit Citra Medika yang berdiri pada 1 Februari 2001, berada di sekitar kawasan industri dengan radius sampai 30 km. Di sebelah utara, kawasan industri Jetis, Wringinanom sampai Driyorejo, sebelah selatan dan barat,  kawasan industri kota Mojokerto, dan sebelah timur, kawasan industri Balongbendo. Pabrik yang terdekat adalah PT. Tjiwi Kimia dengan jumlah karyawan lebih kurang 10.000 orang. Keberadaan yang strategis di kawasan industri, tentunya mengharuskan Rumah Sakit Citra Medika siap menerima pasien yang mengalami kecelakaan kerja dari  perusahaan-perusahaan yang berada di wilayah cakupan. Seiring berjalannya waktu Rumah Sakit Citra Medika mulai berbenah dengan menambah fasilitas, peralatan modern dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya tenaga medis dan paramedis yang terkait penanganan kegawatdaruratan. Kesiapan tenaga maupun peralatan di IGD, kelengkapan fasilitas penunjang seperti Laboratorium dan Radiologi, ruang operasi yang memenuhi standar, serta ruang ICU terpadu. Hampir semua tindakan operasi kegawatdaruratan bisa dilakukan, sehingga pasien tertangani dengan cepat dan tepat karena tidak perlu dirujuk lagi ke fasilitas kesehatan yang lebih besar.
Rumah Sakit Citra Medika sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan (d/h Jamsostek), khususnya  untuk program Trauma Center (TC) sejak tahun 2009. Wilayah kerjasamanya biasa disebut dengan wilayah “singgungan” yaitu meliputi Sidoarjo, Mojokerto dan Gresik. Kerjasama tersebut didasari banyaknya kecelakaan kerja yang terjadi dan telah dirawat dengan baik di Rumah Sakit Citra Medika. Program TC dimaksud banyak membantu perusahaan, karena hanya dilibatkan dalam proses administrasi yang minimal (kelengkapan KK2 dan KK3) serta tidak mengeluarkan biaya selama masih dalam plafon 20 juta rupiah kala itu. Pada pertengahan 2015 BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan kebijakan baru yaitu perawatan pasien kecelakaan kerja untuk peserta TC adalah unlimited atau tidak terbatas.
Pada awal 2016 Rumah Sakit Citra Medika telah mengukir prestasi dengan diperolehnya penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan berupa “Trauma Center Award” sebagai yang terbaik di Jawa Timur serta bukti konsistensinya dalam memberikan pelayanan excellence dan paripurna khususnya penanganan pasien kecelakaan kerja. Penyerahan Piagam Penghargaan serta bantuan alat medis oleh Kepala Cabang BPJS ketenagakerjaan Sidoarjo diwakili Bpk.H.Tito Hartono selaku Kabid Pelayanan dan diterima langsung oleh Kepala Rumah Sakit dr.Wahida Rachmaniyah. Acara dihadiri pejabat kedua instansi pada 11 Februari 2016 yang tentunya akan memacu segenap jajaran Manajemen dan karyawan Rumah Sakit Citra Medika lebih meningkatkan mutu layanan khususnya dalam hal penanganan pasien kecelakaan kerja.